Rabu, 18 Februari 2015

RANGKUMAN TENTANG KAPITAN PATTIMURA


RANGKUMAN TENTANG
KAPITAN   PATTIMURA


            Kapiten Pattimura masa kecilnya bernama Thomas Matulesy.  Beliau  lahir hari Minggu 8 Juni 1783 di negeri Haria. Beliau dilahirkan ibunya yang bernama Transina Silahoi dan ayahnya bernama Frans Matulassia. Thomas memiliki saudara bernama Johannis. Datuk-datuk keluarga Matulessia berasal dari Seram yang turun-temurun berpindah-pindah. Datuk di Haria menurunkan ayah dari Thomas. Ibunya berasal dari Sori-sori Sorani.
            Thomas sekolah di sekolah rakyat yang diajar oleh guru yang merangkap sebagai guru agama Nasrani. Beliau pernah mengalami pergantian kekuasaan. Tahun 1798 wilayah Maluku yang sebelumnya dikuasai Belanda berganti dikuasai Inggris. Ketika masa pemerintahan Inggris berlangsung, Thomas matulessy mengikuti pendidikan dinas militer Inggris dan terakhir berpangkat sersan.
            Tahun 1816 Belanda kembali berkuasa. Rakyat Maluku mengalami penderitaan oleh Kerja Rodi, penyerahan hasil pertanian dan tekanan yang lain. Agar rakyat Saparua Maluku terbebas dari tekanan dan penindasan Belanda , akhirnya rakyat sepakat untuk mengadakan perlawanan. Thomas Matulessy dipilih rakyat untuk memimpin dan dinobatkan dengan gelar Kapitan Pattimura.
            Pada tanggal 16 Mei tahun 1917 pertempuran luar biasa terjadi. Rakyat Saparua dibawah kepemimpinan Kapitan Pattimura berhasil merebut benteng duurstede yang bisa dikuasai selama 3 bulan.
            Pattimura akhirnya kewalahan dan terpukul mundur dari Siri Sori. Kapitan Pattimura berhasil ditangkap pasukan Belanda bersama beberapa pasukannya. Beliau dibawa ke Ambon. Beberapa kali dibujuk Belanda untuk bekerjasama namun selalu ditolaknya. Akhirnya Kapitan Pattimura diadili di Pengadilan Kolonial Belanda dan dijatuhi hukuman gantung pada tanggal 16 Desember 1917. Kapitan Pattimura gugur sebagai Pahlawan Nasional yang selalu menjaga kehormatan diri, bangsa dan negaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar